en id

DIGITALISASI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM SMART STREAM AI

26 Feb 2024

kembali ke list


Semarang, 26 Februari 2024 - PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah mengembangkan dan menerapkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Computer Vision yang diberi nama "SMART STREAM AI" yang mana penerapan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) Computer Vision dalam sektor transportasi udara ini merupakan yang pertama di Indonesia. Teknologi Artificial Intelligence (AI) Computer Vision ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada penumpang dengan mengintegrasikan seluruh sumber daya operasional yang dimiliki di bandara, melengkapi sistem MOT  (Management Operational by Traffic) yang sudah ada saat ini. Sistem Smart Stream AI dan MOT merupakan hasil inovasi dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sendiri, yang ke depannya dapat diterapkan di bandara-bandara lain yang ada di Indonesia.

 

Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang telah dikembangkan dan diimplementasikan semenjak periode Libur Nataru 2023/2024 yang lalu ini adalah sebagai bentuk untuk peningkatan pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa,  dan ini menjadi Pioneer atau yang pertama diterapkan di Bandara Indonesia. Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, keamanan, serta keselamatan dalam operasional bandar udara, yang mana teknologi ini mampu memantau kegiatan operasional dengan melakukan pemantauan trafik pergerakan, baik pesawat, penumpang maupun kargo.

 

Pengembangan program teknologi Artificial Intelligence (AI) juga dapat meningkatkan pelayanan bagi penumpang pesawat, yaitu mampu mengetahui secara akurat apa saja yang sebenarnya layanan dan fasilitas yang dibutuhkan penumpang pesawat selama berada di bandara,  seperti antara lain ketersediaan Troley, kelancaran pelayanan proses check in bagi penumpang, kenyamanan ruang tunggu, Fasilitas Toilet di Bandara, fasilitas gedung parkir, serta petugas on duty yang bertugas melayani para pengguna jasa dapat semakin dioptimalkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, serta untuk menjamin pengawasan security dan safety operasional di bandara.

 

“Kami ingin memberikan pengalaman yang terbaik kepada penumpang, mulai dari saat tiba di bandara hingga saat meninggalkan bandara. Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai tugas di bandara, yakni people tracking & counting, vehicle tracking, aircraft tracking, wildlife animal tracking. Upaya ini kami lakukan sebagai bentuk pelayananan optimal dari kami kepada seluruh pengguna jasa Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.” ujar  Fajar Purwawidada, General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmas Yani Semarang.

Penerapan teknologi AI computer vision di Bandara Internasional Ahmad Yani ini merupakan salah satu contoh penerapan AI di sektor transportasi udara. AI memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan keamanan di berbagai sektor, termasuk sektor transportasi.

(Humas CMN)