en id

POSKO ANGKUTAN LEBARAN BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG, PASTIKAN ARUS MUDIK LEBARAN 2024, AMAN DAN LANCAR

03 Apr 2024

kembali ke list


Semarang, 3 April 2024 – Guna memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan seluruh pengguna jasa Bandara pada moment menyambut libur hari raya Idul Fitri, Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada hari ini, resmi membuka Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 yang akan dilaksanakan selama 16 hari ke depan, dimulai sejak tanggal 3 April 2024 sampai dengan 18 April 2024. Selain itu sebagai antisipasi penambahan jumlah penerbangan juga dilaksanakan perpanjangan jam operasional bandara menjadi  pukul 07.00 hingga 19.00 WIB selama periode libur lebaran berlangsung.

 

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada menyampaikan, “Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 bertujuan untuk memastikan bahwa operasional Bandar Udara selama periode Lebaran ini dapat  berjalan dengan lancar, selamat, aman dan nyaman. Karena diperkirakan akan ada peningkatan jumlah penumpang dibanding pada hari biasa, dimana Perkiraan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 6 April 2024 dengan perkiraan penumpang sekitar 8.057 orang dan arus balik diperkirakan pada tanggal 15 April 2024 dengan perkiraan penumpang sekitar 7.509 orang”, ujarnya.

 

Pada periode libur Lebaran tahun 2024 ini tercatat sebanyak 236 Extra Flight yang telah diajukan oleh 4 maskapai yaitu  Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Super Airjet  dengan rute tujuan yaitu Jakarta Soekarno Hatta (CGK), Jakarta Halim Perdana Kusuma (HLP), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG) dan Batam (BTH).

 

“Sampai dengan hari ini sudah terdapat pengajuan  236 Extra Flight dengan rute ke kota Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Batam. Pada periode Lebaran tahun 2024, tercatat rata-rata harian untuk pergerakan trafik pesawat sebanyak 60 pesawat per hari, untuk penumpang rata-rata sebanyak 7.107 orang per hari, dan untuk kargo sebanyak 30.207 kg per hari. Dengan adanya extra flight kami perkirakan pergerakan trafik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang akan meningkat signifikan,” tutup Fajar Purwawidada.

(Humas CMN)